Kamis, 02 Oktober 2014

EVOLUSI KOMPUTER



EVOLUSI KOMPUTER
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang memproses informasi” atau “sistem pengolah informasi.”
Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.
1.      Komputer Generasi pertama memiliki karakteristik bahwa setiap komputer memiliki kode biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram. Menggunakan tube vakum yang membuat komputer pada masa itu berukuran sangat besar.
2.      Pada tahun 1941, Konrad Zuse seorang insinyur Jerman membangun komputer Z3 yang digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Description: Computer Z3

3.      Pada tahun 1943, pihak sekutu Inggris membuat komputer Colossus yang digunakan untuk memecahkan kode rahasia Jerman.
Description: Komputer Colossus
Komputer Colossus

4.      Kemajuan lain dicapai oleh Amerika Serikat. Howard H. Aiken, seorang insinyur Harvard University yang bekerja di IBM berhasil membuat kalkulator elektronik untuk US Navy yaitu The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator atau Mark I, digunakan untuk melakukan perhitungan aritmatika dasar. Mesin ini beroperasi sangat lambat, membutuhkan waktu 3-5 detik untuk melakukan satu kali perhitungan.
Description: Komputer Mark 1
Komputer Mark 1







5.      Perkembangan lain pada masa komputer generasi pertama adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). ENIAC dirancang oleh pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania terdiri dari 18.000 tube vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik soldier. ENIAC berukuran sangat besar dan mengkonsumsi daya sebesar 160kW.
Description: Komputer Eniac
Komputer Eniac

6.      Pada tahun 1940 John von Neumann bergabung dengan University of Pennsylvania. Dan pada tahun 1945 John von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) yang digunakan untuk menampung program dan data. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah Central Processing Unit (CPU) yang berfungsi mengkoordinasi seluruh komponen ke satu sumber.
Description: Komputer Edvac
Komputer Edvac

7.      Pada tahun 1951, Ramington Rand mendesain UNIVAC 1 (Universal Automatic Computer 1) dan menjadi komputer komersial pertama yang menggunakan arsitektur Von Neumann.
Description: Komputer Univac

Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
Description: Intel 4004
Intel 4004
Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Description: Atari 2600
Atari 2600
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
Description: IBM PC
IBM PC
Nama: MOCHAMAD ARDIYANTO MUSLIH 
Kelas : 2Kb08
EVOLUSI KOMPUTER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar