Sabtu, 14 Maret 2015

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IMK)



INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

      Teknologi merupakan hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia saat ini, terlebih lagi pada kebutuhan manusia akan komputer untuk memudahkan pekerjaan mereka. Oleh karena itu agar komputer dapat berjalan dengan baik maka perlu diketahui terlebih dahulu sejauh mana kemampuan pengguna dalam mengoperasikan system computer tersebut, sehingga antarmuka yang dihasilkan dapat dengan mudah dan nyaman pada saat digunakan. Maka muncullah istilah Interaksi Manusia dan Komputer (Human Computer Interaction).

      Interaksi Manusia dan Komputer atau yang biasa disebut dengan Human Computer Interaction adalah suatu ilmu yang mempelajari  bagaimana mendesain, mengevaluasi dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif, sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.

Sedangkan menurut saya, Interaksi Manusia dan Komputer adalah sebuah ilmu yang mempelajari hubungan langsung yang dilakukan oleh pengguna/manusia (user) dengan suatu system operasi, yang keduanya saling memberikan feedback atau umpan balik, sehingga komputer dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna (user ).

Dari penjelasan diatas maka komponen-komponen yang ada dalam Interaksi Manusia dan Komputer itu ada 3, yaitu :
1.     Manusia : pengguna user yang memakai komputer atau sistem tersebut, dimana manusia sendiri memiliki karakter dan perilaku yang berbeda beda dengan kebutuhannnya dalam menggunakan komputer.
2.      Komputer : peralatan elekteronik yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak.
3.   Interface : manusia dan komputer berinteraksi melalui antar muka yang ada di dalam sistem komputer yang memungkinkan manusia berhubungan dengan komputer.

Ø  Tujuan utama IMK
Tujuan IMK adalah menjadikan system yang lebih :
  1. Usable (Maksudnya sistem kita harus mudah dipelajari oleh seseorang ataupun kelompok dan juga sistem harus bermanfaat bagi orang banyak sesuai dengan kebutuhannnya).
  2. Safe (Maksudnya dalam membuat sebuah sistem selalu dibutuhkan keamanan dalam sistem baik keamanan hardware ataupun software maupun keamanan lingkungan di sekitar kita harus diperhatikan sehingga sistem kita menjadi aman dari gangguan apapun).
  3. Efektif (Maksudnya sistem harus dibuat semudah dan seringkas mungkin agar mencapai tujuan yang diinginkan).
  4. Efisien (Maksudnya dalam hal ini sistem harus dibuat untuk mempercepat waktu kinerja kita).
  5. Produktif (Maksudnya sistem harus menghasilkan sesuatu yang berguna, berharga dan bermanfaat).
  6. Fungsional (Maksudnya sistem harus dibuat berdasarkan fungsi fungsinya atau berdasarkan kebutuhannya masing masing ).
  7. User Friendly (Maksudnta meningkatkan interaksi manusia dan komputer itu sendiri ).
Dari beberapa point diatas disimpulkan bahwa tujuan dari IMK itu untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).
Contoh : sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan. Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu. Oleh karena itu kita butuh Interaksi manusia komputer adalah agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. serta dapat membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan.

Ø  Media Antarmuka Manusia Dan Komputer

1.      Media Tekstual adalah ”bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik”. Salah satu contoh antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks yang menggunakan bahasa pemrograman PASCAL adalah readln dan writeln.

2.      Media GUI (Graphical User Interface) adalah ”bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif”. Contoh antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan lain-lain).

Ø  Ilmu-Ilmu yang Terkait Dengan IMK

 


1.      Teknik Elektronika & Ilmu Komputer
Memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI
2.      Psikologi
Memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna
3.      Perancangan Grafis dan Tipografi
Sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer
4.      Ergonomik
Berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja
5.      Antropologi
Ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya
6.      Linguistik
Merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah
7.      Sosiologi
Studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor.

Ø  Contoh-contoh IMK dalam kehidupan, diantaranya adalah :
1.      Handphone yang semakin modern dan canggih
Seperti misalnya HP Gunadarama, di dalam hp tersebut sudah difasilitasi aplikasi khusus mahasiswanya agar dapat dengan mudah mengakses jadwal mata kuliah, student site, absensi, nilai, dsb. Saat ini juga Hanpdone banyak difasilitasi fitur canggih seperti finger detector, face detector, dan tentunya kamera depan dengan kualitas yang bagus sehingga kita dapat video call dengan orang lain.

2.      Mesin ATM
Seperti misalnya Tn. A yang mempunyai atm Bank ABC ingin mentransfer uang ke temannya, dengan adanya mesin ATM ia tidak perlu capek-capek datang ke Bank ABC tersebut untuk mentransfer uang, ia hanya perlu datang ke tempat terdekat dimana  terdapat mesin atm Bank ABC, dan kemudian hanya mengikuti perintah yang ada di layar monitor mesin atm dengan memasukkan pin atmnnya, dan kemudian memilih opsi transfer dan memasukkan nomer rekening yang dituju serta memasukkan jumlah yang ia inginkan.

3.      Internet
Kini hanya dengan satu jari kita dapat mengakses segala informasi yang kita butuhkan di internet. Dengan adanya nternet kita dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain yang jauh disana dengan berbagai fasilitas social media, kita juga dapat menonton tv seacara streaming, dapat mengakses berita, pengetahuan umum, pelajaran, dan masih banyak lagi.

4.      Komputer Atau Laptop
Seperti misalnya seorang Teller yang Pasti menggunakan komputer untuk Memasukan atau mengubah data nasabahnya seperti menabung, tarik tunai, transfer uang, dan lain lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar