INTERAKSI MANUSIA DAN
KOMPUTER
Teknologi merupakan hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia
saat ini, terlebih lagi pada kebutuhan manusia akan komputer untuk memudahkan
pekerjaan mereka. Oleh karena itu agar komputer dapat berjalan dengan baik maka perlu diketahui terlebih dahulu sejauh mana kemampuan pengguna dalam
mengoperasikan system computer tersebut, sehingga antarmuka yang dihasilkan dapat dengan mudah dan nyaman
pada saat digunakan. Maka muncullah istilah Interaksi Manusia dan Komputer (Human Computer Interaction).
Interaksi Manusia dan Komputer atau yang biasa disebut
dengan Human Computer Interaction adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana
mendesain, mengevaluasi dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif, sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.
Sedangkan menurut saya, Interaksi Manusia dan Komputer adalah sebuah
ilmu yang mempelajari hubungan langsung yang dilakukan oleh pengguna/manusia
(user) dengan suatu system operasi, yang
keduanya saling memberikan feedback atau umpan balik, sehingga komputer dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna (user ).
Dari penjelasan diatas maka
komponen-komponen
yang ada dalam Interaksi Manusia dan Komputer itu ada 3, yaitu :
1. Manusia : pengguna user yang memakai komputer atau sistem
tersebut, dimana manusia sendiri memiliki karakter dan perilaku yang berbeda
beda dengan kebutuhannnya dalam menggunakan komputer.
2. Komputer
: peralatan elekteronik
yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak.
3. Interface : manusia dan komputer berinteraksi melalui antar
muka yang ada di dalam sistem komputer yang memungkinkan manusia berhubungan
dengan komputer.
Ø Tujuan utama IMK
Tujuan
IMK adalah menjadikan system yang lebih :
- Usable (Maksudnya sistem kita harus mudah dipelajari oleh seseorang ataupun kelompok dan juga sistem harus bermanfaat bagi orang banyak sesuai dengan kebutuhannnya).
- Safe (Maksudnya dalam membuat sebuah sistem selalu dibutuhkan keamanan dalam sistem baik keamanan hardware ataupun software maupun keamanan lingkungan di sekitar kita harus diperhatikan sehingga sistem kita menjadi aman dari gangguan apapun).
- Efektif (Maksudnya sistem harus dibuat semudah dan seringkas mungkin agar mencapai tujuan yang diinginkan).
- Efisien (Maksudnya dalam hal ini sistem harus dibuat untuk mempercepat waktu kinerja kita).
- Produktif (Maksudnya sistem harus menghasilkan sesuatu yang berguna, berharga dan bermanfaat).
- Fungsional (Maksudnya sistem harus dibuat berdasarkan fungsi fungsinya atau berdasarkan kebutuhannya masing masing ).
- User Friendly (Maksudnta meningkatkan interaksi manusia dan komputer itu sendiri ).
Dari beberapa point diatas disimpulkan bahwa
tujuan dari IMK itu untuk mempermudah
manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang
ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Para perancang
antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya
dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user
friendly).
Contoh : sebuah komputer
lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna
yang menggunakan. Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut
tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu. Oleh karena itu kita
butuh Interaksi manusia komputer adalah agar kita lebih cepat dalam
menyelesaikan suatu pekerjaan. serta dapat membuat waktu pengerjaannya lebih
cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan.
Ø Media Antarmuka Manusia Dan Komputer
1. Media Tekstual adalah ”bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik”. Salah satu contoh antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks yang menggunakan bahasa pemrograman PASCAL adalah readln dan writeln.
2. Media GUI (Graphical User Interface) adalah ”bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif”. Contoh antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan lain-lain).
Ø Ilmu-Ilmu yang Terkait Dengan IMK
1. Teknik Elektronika & Ilmu Komputer
Memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI
2. Psikologi
Memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif,
ketrampilan motorik pengguna
3. Perancangan Grafis dan Tipografi
Sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat
digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer
4. Ergonomik
Berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja
yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk
keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja
5. Antropologi
Ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu
pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat
memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya
6. Linguistik
Merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang
bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa
suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa
perintah
7. Sosiologi
Studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur
sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor.
Ø Contoh-contoh IMK dalam
kehidupan, diantaranya adalah :
1.
Handphone yang semakin modern dan canggih
Seperti misalnya HP Gunadarama, di dalam hp
tersebut sudah difasilitasi aplikasi khusus mahasiswanya agar dapat dengan
mudah mengakses jadwal mata kuliah, student site, absensi, nilai, dsb. Saat ini
juga Hanpdone banyak difasilitasi fitur canggih seperti finger detector, face
detector, dan tentunya kamera depan dengan kualitas yang bagus sehingga kita
dapat video call dengan orang lain.
2.
Mesin ATM
Seperti misalnya Tn. A yang mempunyai atm Bank ABC
ingin mentransfer uang ke temannya, dengan adanya mesin ATM ia tidak perlu capek-capek
datang ke Bank ABC tersebut untuk mentransfer uang, ia hanya perlu datang ke
tempat terdekat dimana terdapat mesin
atm Bank ABC, dan kemudian hanya mengikuti perintah yang ada di layar monitor
mesin atm dengan memasukkan pin atmnnya, dan kemudian memilih opsi transfer dan
memasukkan nomer rekening yang dituju serta memasukkan jumlah yang ia inginkan.
3.
Internet
Kini hanya dengan satu jari kita dapat mengakses segala
informasi yang kita butuhkan di internet. Dengan adanya nternet kita dapat
dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain yang jauh disana dengan berbagai
fasilitas social media, kita juga dapat menonton tv seacara streaming, dapat
mengakses berita, pengetahuan umum, pelajaran, dan masih banyak lagi.
4.
Komputer Atau Laptop
Seperti misalnya seorang Teller yang Pasti menggunakan
komputer untuk Memasukan atau mengubah data nasabahnya seperti menabung, tarik
tunai, transfer uang, dan lain lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar